Friday, May 29, 2020

Tutorial HTML Dasar : Part 3 - Membuat Table di HTML



Membuat Table di HTML - Lanjutan dari post kemarin sekarang kita membahas untuk membuat table di html. Pertama kita buka notepad ++ nya kemudian open file ke index.html yang kemarin kita buat. 

Pilih Open .. dan arah kan ke index.html yang telah kita buat kemarin.


Setelah itu kita edit text source code nya ubah menjadi ini seperti berikut : 
Tulis kode diatas kemudian simpan atau tekan CTRL + S pada keyboard untuk menyimpan cepat. Setelah itu coba jalan kan file index.html nya dengan klik 2 kali. Maka tampilannya akan seperti berikut : 


Penjelasan : 
  1. Untuk langkah pertama membuat table selalu di awali dengan tag <table> dan diakhiri dengan </table>
  2. Tag <style> pada code di atas adalah css , dimana untuk merubah / memodif tampilan pada html yang kita buat. Untuk penjelasan CSS nanti akan saya bahas di post berikutnya.
  3. Table di dalam HTML dibentuk dengan sebuah baris (row), tepatnya menggunakan element <tr> yang merupakan kepanjangan dari table row. Adapun element pendukung lain yang membentuk sebuah table adalah <th> (table header) dan <td> (table data). <td> menunjukkan sebuah cell, sedangkan <th> menunjukkan cell induk dan ditandai dengan tulisan cetak tebal.
  4. Element lain yang berkaitan dan digunakan dalam sebuah HTML table adalah <caption><col><colgroup><thead><tfoot> dan <tbody>.

Sekian post untuk tentang cari membuat table di html . Silahkan modif atau ubah sendiri sesuai selera kalian. Untuk postingan berikutnya kita akan memasukkan dan menampilkan gambar ke HTML yang telah kita buat.


Referensi :
Previous Post
Next Post

Hi . Maaf saya hanya orang yang ingin tau akan hal baru. Dan bukan seorang expert. Saya masih belajar dan belajar.

0 comments: